Sabung Ayam Bali Petarung di Arena Pertarungan

Posted on

Sabung Ayam Bali Petarung

Sabung Ayam Bali Petarung merupakan petarung profesional yg berasal dari Indonesia dan jadi salah satu dari 4 raja nusantara di arena pertarungan.

Ayam Petarung di Indonesia ini merupaaknk tipe ayam petarung yg lumayan memiliki di Bali. DImana Tipe Olagan bali ini mulai tidak sering dipakai sebagai ayam petarung di arena sabung ayam.

Pada awal mulanya di saat sabung ayam gempar di jalani di setiap wilayah, tipe Olagan Bali ini dapat kamu temui dimana saja. Tetapi saat ini tipe unggas Olagan bali ini telah sulit di temui, apalagi dapat di katakan nyaris punah.

Pejantan Olagan adalah tipe petarung yg kerap di lagakan di arena sabung ayam. Dimana untuk betinanya kerap dimanfaat sebagai ayam penghasil telur.

Pada biasanya Olagan bali yg tidak di latih akan lebih memilih lari dari lawan. Tetapi senantiasa memiliki serbuan dan pukulan yg kokoh, apalagi mematikan.

Tetapi bila Unggas ini di latih dengan benar, makan tipe Unggas ini lumayan di takuti karena kekokohannya untuk melanda musuh.

Tidak hanya memiliki pukulan yg kokoh, Olagan bali ini memiliki kelebihan yang lain, dimana ia memiliki energi yg besar. dan Olagan bali juga tidak akan mudah terkena oelh penyakit yg di sebabkan oleh pergantian cuaca.

Akank namun karena berkurangnya jumlah populasi Unggas ini Di Indonesia, apalagi pulau asal Ologan Bali Petarung ini telah tidak di gunakan untuk upacara. Sehingga telah seidkit warga bali yg membudidayakan tipe unggas ini.

Identitas ayam Ologan Bali Petarung

Ologan Bali Petarung memiliki ukuran yg sedikit lebih kecil dari ayam Bangkok sehingga ukurannya dapat di bilang mirip dengan ayam kampung.

  • memiliki alterasi corak bulu yg meliputi corak putih, gelap, coklat, dan juga sedikit warwna kuning.
  • memiliki jengger bercorak merah dan juga kecil.
  • Ologan Bali Petarung memiliki leher yg pendek dengan bulu leher yg tidak rata.
  • Paruh pada Ologan Bali Petarung memiliki panjang yg pendek dan bercorak kuning. Tetapi kuat dan juga kokoh.
  • Apabila diraba Ologan Bali Petarung akan berasa wajib, dan memiliki corak kuning dan terkadang putih.

untuk ayam jantan Ologan Bali Petarung memiliki berat dari 2 sampai 2, 5 kilogram dan untuk betin memiliki badan dengan berat tubuh dari 1, 8 kilogram sampai 2 kilogram saja.

Penggunaan Ayam Ologan di Bali

Ologan Bali Petarung diketahui oleh penduduk bali yg di pakai untuk Upacara adat seperti Upacara Yadya untuk penduduk yg beragama Hindu ataupun upacara Tabuh Ruh. Tidak hanya sebagai upacara adat keagamaan, Ologan Bali Petarung juga di manfaatkan oleh para penghobi untuk sabung ayam dan juga Tajen.

Dimana tajen adalah ritual tabuh ruh yg di sebutkan tadinya. yg populer dengan faktor keagamaan dan spiritual. Tetapi Ologan Bali Petarung lebih kerap di manfaatkan sebagai ayam sabung.

Dan penggunaan senjata yang di ikatkan ke kaki ayam merupakan salah satu hal yang umum di temui di arena sabung ayam di Bali. Dimiana pertandingan akan di anggap berakhir bila salah satu ayam terluka parah ataupun mati alam pertarungan.

untuk Ologan Bali Petarung, kerap di adu dengan ayam tipe lain dari luar negara. Ayam- ayam tersebut kerap bertarung dengan memakai kekuatan fisiknya.

Tetapi untuk Ologan Bali Petarung, kerap mengandalkan kegesitan dan juga metode dalam bertarung. Dimana Hal tersebut adalah salah satu style bertarung yg dimilikinya.

Panduan Cara menjaga Ologan Bali Petarung

untuk Ologan Bali Petarung, kamu bisa mandikan Unggas ini dengan mengenakan pasir bersih 2 kali seminggu. Setelah mandi pasir di lakukan oleh ayam, keesokan harinya kalian harus mandikan ayam bali dengan memakai air bersih.

  • Latihan pukulan untuk Ologan Bali Petarung 2 hari sekali sebanyak 5 pukulan saja.
  • Taruh di luar kandang Tetapi dengan kaki di ikat agar tidak lari.
  • Jemur Ologan Bali Petarung Seperlunya, dimaan Hal tersebut bisa di jalani setiap hari pada pagi hari jam 8 hinga 10.
  • Bagikan pakan yg bermutu memakai gabah yg di beri pemanis natural.
  • Tiup Mata ayam mengenakan asap rokok.
  • Potong Taji ayam tersebut agar tidak sangat panjang. agar pisau taji mudah dipasang.

Kepopuleran Ayam Ologan Bali Petarung

Ayam Olagan berasal dari pulau Bali. Dimana Unggas ini adalah ayam jantan Olagan yg dipelihara untuk dijadikan ayam aduan.

Ayam bali ini sudah terkenal maka melegenda. dan Ologan Bali Petarung betinanya memiliki keahlian sebagai penghasil telur dengan mutu terbaik untuk bibit petarung ayam bali yang lain.

Keunggulan lain ayam jago Bali ini merupakan memiliki kekuatan yg tidak terkalahkan untuk kelasnya. Oleh karena itu Unggas ini di tahu sebagai yg yg sanggup menahan seluruh serbuan lebih baik dibandingkan ayam lokal yg lain.

Tetapi di saat ini populasinya terus menurun secara signifikan. Dimana dapat dibilang Unggas ini nyaris hadapi kepunahan yg parah.

Hal tersebut disebabkan budi energi jensi unggas ini telah tidak sering di temui di Indonessia, apalagi di pulau asalnya di Bali.

Tetapi di bali, sabung ayam yg di selenggarakan akan mengenakan pisau taji sebagai senjata pada ayam yg akan di adu. Dimiana pertandingan akan di anggap berakhir bila salah satu ayam terluka parah ataupun mati alam pertarungan.

Baca juga: Tips Cara Melatih Bangkok Tidak Main Bawah